Tujuan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis - Tujuan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis
Tujuan Negosiasi dalam Komunikasi Bisnis
1.
Menyelesaikan
konflik kepentingan secara damai.
2.
Menghindari
bahaya langsung dari cara-cara pemecahan dengan kekerasan atau munculnya
tekanan lawan.
3.
Mewujudkan
perdamaian setelah terjadinya konflik kepentingan yang mengarah pada kekerasan.
4.
Mewujudkan
suasana yang baik melalui pembentukan suatu system atau organisasi permanen
sebagai wadah pemecahan masalah-masalah secara damai, selain sebagai upaya
menghindarkan konflik potensial dimasa mendatang.
Dari tujaun negosiasi diatas jelas terlihat tujuan dasar dari
negosiasi adalah perdamaian dan mencapai kesepakatan yang dapat menguntungkan
kedua belah pihak. Suatu kenyataan yang tidak bisa dihindarkan bahwa
masing-masing pihak memiliki kepentingan yang berbeda bahkan sering kali
berbenturan, maka tantangan dari kreativitas negosiasi adalah mencari jalan
tengah yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, tanpa masing-masing
merasa dirugikan. Dengan kata lain negosiasi kurang berhasil, karena mengarah
kepada ketidakpuasan yang berpotensi konflik, posisi menang-kalah “win-lose”
seperti ini mencerminkan terdapatnya dominasi dari pihak yang kuat terhadap
yang lemah, sehingga hubungan lebih bersifat superior-inferior. Sangat penting
untuk dipahami bahwa negosiasi berawal dari hubungan kesetaraan, dimana
masing-masing pihak duduk dan menbahas kepentingan-kepentingan yang muncul
sambil mengupayakan cara penyelesaian yang paling menguntungkan bagi
pihak-pihak yang terlibat. Jika dalam suatu negosiasi situasi “menang-kalah”
tidak bisa dihindari lagi, bukan berarti aktivitas negosiasi berhenti, dengan
kata lain upaya-upaya penyelesaian harus tetap dijalankan, melalui negosiasi
selanjutnya. Karena tujuan uang ingin dicapai dari sebuah negosiasi adalah
sebuah harmonisasi dan saling pengertian bukan semata-mata kemenangan.
Comments
Post a Comment