Teori Keyakinan Sikap Dan Nilai- Teori Keyakinan Sikap Dan Nilai



Teori Keyakinan Sikap Dan Nilai
Robinson dkk. (1991) mengemukakan bahwa keyakinan, dalam konsep Rokeach, bukan hanya pemahaman dalam suatu skema konseptual, tapi juga predisposisi untuk bertingkah laku yang sesuai dengan perasaan terhadap obyek dari keyakinan tersebut.
Rokeach membagi teori keyakinan dalam 2 kategori yaitu:
a.       Keyakinan- keyakinan utama (center) yakni keyakinan yang sulit untuk diubah. Keyakinan bahwa anda merupakan sesorang yang pandai, kreatif. Keyakinan ini didapat dari kenyataan bahwa anda selalu memiliki nilai-nilai yang baik dalam ujian-ujian di sekolah atau di kampus. Keyakinan lain adalah bahwa orang tua anda memiliki pernikahan yang bahagia. Keyakinan ini berasal dari kemesraan dan kedekatan yang anda lihat antara ayah dan ibu anda dalam keseharian.
b.      Keyakinan- keyakinan pinggiran (peripheral) yakni keyakinan dan mudah diubah, seperti keyakinan akan daya tahan tubuh sendiri. Anda yakin tidak akan sakit bila terkena hujan. Maka ketika anda harus keluar rumah pada saat cuaca mendung, anda akan menyiapkan jas hujan. Namun ketika ibu anda meragukan daya tahan tubuh anda dan menyarankan agar anda menyiapkan jas huajn, anda tidak merasakan kegoncangan apapun secara psikis (walaupun mungkin anda menggerutu). Anda juga dengan mudah menerima saran ibu anda tersebut untuk selalu menyediakan jas hujan di bagasi sepeda motor anda.

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli