Negosiasi Dalam Bisnis - Negosiasi Dalam Bisnis



Negosiasi Dalam Bisnis
Kenapa keberhasilan tampak begitu mudah bagi beberapa orang dan tampak sulit bagi orang lain?. Apakah ada orang yang memang telah ditakdirkan untuk sukses?. Bagaimana dengan orang yang anda kenal?. Anda melihatnya sebagai seorang wirasuasta yang sangat berhasil dan anda merasa bahwa anda pun bisa menjadi seperti dia, tapi bagaimana caranya? Jika kita amati setiap orang yang sukses mencintai pekerjaan mereka, mereka meniru minat pada hal yang mereka kerjakan, mereka sangat berorientasi pada tujuan. Banyak dari mereka belajar begaimana meraih sukses dengan biaya dari orang lain, mereka punya kelompok inti yang terdiri dari teman-teman dan guru-guru yang sukses mereka dikelilingi oleh orang-orang yang sukses, mereka tak takut untuk bertanya dan orang sukses selalu bekerja dengan sangat keras.
            Ada beragam cara untuk meraih sebuah kesuksesan, terlebih dalam hal berbisnis, ada kalanya seseorang nampak tak sukses meski sikapnya tak baik alias menggunakan cara-cara sesat, itu bukanlah sebuah kesuksesan yang sebenarnya, kesuksesan yang sebenarnya adalah ditempuh dengan jalan yang baik dan benar. Beberapa kiat yang sebaiknya anda terapkan bila ingin kesuksesan berbisnis yang sesungguhnya adalah jujur, mempermudah urusan tidak menipu, tidak menjual barang haram, tidak curang dalam takaran, tidak menimbun barang, dan lain sebagainya. Salah satu cara agar bisnis anda lancar adalah kemampuan anda dalam bernegosiasi dengan rekan atau lawan bisnis anda. Negosiasi adalah sebuah komunikasi dimana pihak-pihak mencari kesepakatan untuk mengadakan pertukaran diantara mereka. Namun ada juga yang mengatakan negosiasi adalah sebuah komunikasi yang menghasilkan pertukaran anta dua pihak atau lebih.
            Abbe Duguet (dalam buku Nation dan Man), Negosiasi adalah kontak dan komunikasi anta pembuat kebijakan dnegan tujuan untuk mencapai kesepakatan. Manfaat sebuah negosiasi adalah prinsip yang mendasari semua negosiasi bahwa setiap pihak mendapatkan sesuatu dari pertukaran yang terjadi dan tidak akan mereka dapatkan tanpa negosiasi.
            Perlu diketahui zaman telah berubah, masyarakat semakin dinamis dan persaingan semakin tajam, Dahulu harus skill atau penguasaan pengetahuan akademis, diyakini sebagai pinjaman kesuksesan seseorang dalam kehidupan kerja maupun kehidupan pribadi sosialnya, kini hal itu sudah tidak cukup lagi untuk menjawab tantangan perubahan. Saat ini kemampuan tersebut harus diimbangi dengan kemampuan tidak kentara yang disebut soft skill. Penguasaan hard skill perlu untuk memastikan seseorang mampu bekerja dengan baik karena menguasai keahlian teknis dari pekerjaan tertentu. Namun agar seseorang sukses menjalin kerjasama dengan orang lain, dan akhirnya mampu memimpin orang lain, soft skill sangat diperlukan. Dan negosisasi merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menuju kesuksesan.
Selain dengan mengasah kemampuan bernegosiasi ada beberapa prinsip yang harus dimiliki oleh seseorang yang mau menuju kesuksesan yaitu:
1.      Berani Mengambil Resiko
Dalam hidup ini selalu ada resiko yang harus kita hadapi baik resiko kecil maupun resiko besar, setiap tindakan apapun yang kita lakukan mengundang resiko-resiko tertentu bahkan untuk aktivitas sesederhana sekalipun. Resiko selalu memandang langkah kita dan datangnya bisa dari mana saja. Seseorang yang ingin sukses pasti menghadapi sejumlah resiko. Namun sikap mereka terhadap resiko pasti berbeda-beda. Biasanya orang yang kuat dengan niatnya untuk sukses akan memandang resiko sebagai pesona hidupnya dan tidak takut untuk menghadapi tantangan dari resiko yang diambilnya. Ini berkaitan erat dengan keberaniannya dalam mengambil keputusan.
2.      Mempunyai Kepercayaan Diti Yang Kuat
Apa yang melandasi seseorang untuk berani mengambil resiko, berambisi, melakukan pekerjaan yang lebih berat. Pastilah orang itu mempunyai kepercayaan diri yang kuat, dia percaya dan yakin bahwa apa yang dia lakukan itu akan berhasil sesuai dengan harapannya, bahkan sengar, kepercayaan diri yang kuat seperti kata orang bijak kita bisa memindahan gunung.
3.      Mempunyai Etos Kerja Yang Baik
Setiap orang memiliki etos kerja yang berbeda sesuai dnegan latar belakang pribadinya, yang dianutnya kondisi lingkungan dan alamnya dan masyarakat sekitarnya. Etos kerja juga merupakan ciri yang mebedakan satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya. Etos Kerja yang dimiliki oleh orang yang ingin sukses terbentuk karena proses pengembangan potensi diri, pengusaha yang sukses senantiasa meningkatkan potensi diri sehingga etos kerjanya pun meningkat.


Qairunnisa,Khamsa, Bisnis Tanpa Rugi Ala Rasulullah (Makasar: Arus Timur, 2011).
Martin J. Dan Grunder J.R, Cara Gampang Menjadi Kaya Melalui Bisnis (Bandung: Kaifah PT. Mizan Pustaka, 2006). 
Qairunnisa,Khamsa, Bisnis Tanpa Rugi Ala Rasulullah (Makasar: Arus Timur, 2011).
Sukawarsini Djelantik, Diploma Antara Teori dan Praktek (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008).
Brian Lomas, Kiat Sukses Bernegosiasi (Jakarta: PT Ina Publikatama, 2008).
Endang Soelistiyowati dan Vincent Nugroho, Strategi Komunikasi Untuk Menjalin Relasi (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2012).

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli