Observasi Adalah - Observasi Adalah



Observasi Adalah
Observasi merupakan suatu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan penelitian secara teliti, serta pencatatan secara sistematis (Arikunto, 2002 ). Menurut kartono (1980 : 142) pengertian observasi ialah studi yang disengaja dan sistematis tentang fenomena social  dan gejala-gejala psikis dengan jalan pengamatan dan pencataan. Selanjutnya, dikemukakan tujuan observasi adalah mengerti cirri-ciri dan luasnya signifikasi dari intrelasinya elemen-elemen tingkah laku manusia pada fenomena social serba komplek dalam pola-pola kultur tertentu.
            Poerwandari (1998) berpendapat bahwa observasi merupakan metode yang paling dasar paling tua, karna dengan cara-cara tertentu kita selalu terlibat dalam porses mengamat.  semua bentuk penelitian, baik itu kualitatif maupun kuantitatif mengandung aspek observasi didalamnya. Setelah observasi diturunkan dari bahasa latin yang berarti “melihat” dan “memerhatikan”. Istilah observasi diarahkan pada kegiatan memerhatikan secara akurat, mencatat fenomena yang muncul, dan mempertimbangkan hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Observasi selalu menjadi bagian dalam penelitian, dapat berlangsung dalam konteks laboratorium (eksperimental) observasi yang dilakukan dalam laboratorium dalam konteks eksperimental adalah observasi dalam rangka penelitian kuantitatif. Observasi dalam rangka penelitian kualitatif harus dalam konteks alamiah (naturalistic).
Karl weick (dikutip dari seltiz, wrightsman, dan cook 1976: 253) mendefinisikan observasi sebagai  “pemilihan, pengubahan, pencatatan, dan pengodean serangkai perilaku  dan  suasana yang berkenaan dengan organisme in situ, sesuai dengan tujuan-tujuan empiris “. Dari definisi itu kita melihat tujuh karakteristik observasi : pemilihan (selection), pengubahan (provocation), pencatatan (recording), in situ, dan untuk tujuan empiris.
Sebenarnya setiap saat kita selalu melakukan observasi. Kita mengamati prilaku anak-anak, gerakan kendaraan di jalan raya, atau binatang di  jagad raya. Dengan observasi itulah kita memperoleh informasi tentang dunia di sekitar kita. Observasi adalah kegiatan kita yang paling utama dan teknik penelitan yang penting. Tetapi, observasi ilmiah berbeda dengan observasi sehari-hari sering mahasiswa  mencantumkan dalam skripsinya observasi sebagai teknik penelitiannya, tetapi ia tidak merinci prosedur observasinya. Bila dia sudah hadir disuatu tempat, menyebarkan angket, melihat penduduk di daerah itu, ia beranggapan ia melakukan observasi bukan sekedar melihat, bukan hanya mengamati, bukan melulu menonton.
Observasi sebagai tehnik pengumpulan data mempunyai cirri yang spesifik bila dibandingkan dengan teknik yang lain, yaitu wawancara dan kuesioner. Kalau wawancara dan  kuisioner selalu berkomunikasi dengan orang, maka observasi tidak berbatas pada orang. Tetapi tidak objek alam yang lain. Sutrisno hadi  ( 1986) mengemukakan bahwa, observasi merupakan suatu proses yang kompleks, suatu proses yang tersusun dari berbagai proses biologis dan psikologis. Dua diantara yang terpenting adalah proses-proses pengamatan dan ingatan. 
Teknik pengumpulan data dengan observasi  digunakan bila, penelitian berkenaan dengan prilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam, dan bila responden yang di amati tidak terlalu besar. Dari segi proses pelaksanaan, pengumpulan data, observasi dapat dibedakan menjadi participant observation ( observasi berperan serta)  dan non participant observation, selanjutnya dari segi instrumentasi yang digunakan, maka observasi dapat dibedakan menjadi observasi terstruktur dan tidak terstruktur.


    Iman Gunawan, metode penelitian kualitatif : teori dan praktik (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).
    Jalaluddin rakhmat, Metode penelitian komunikasi : contoh analisis statistic (bandung : pt remaja rosdakarya,2007). 
    Sugiyono, Metode penelitian kuantiatif, kualitatif, dan R&D (Bandung : Alfabeta, 2014).
 

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli