Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Menurut Para Ahli - Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Menurut Para Ahli
BELAJAR DIPENGARUHI OLEH KEADAAN
FISIK ORANG
YANG BELAJAR DAN LINGKUNGANNYA
Kesehatan fisik
dan mental akan membuat proses psikologis tubuh berfungsi baik untuk menunjang
aktivitas otak ketika melakukan kegiatan berfikir selama belajar. Lingkungan
yang berpengaruh terhadap proses belajar terdiri atas lingkungan pelajar dan
lingkungan tempat belajar. Lingkungan pelajar meliputi suasana kekeluargaan,
tempat tinggal dan keadaan teknologi. Sementara itu lingkungan tempat belajar
terbagi menjadi perangkat lunak (seperti peraturan, norma) dan perangkat keras
(seperti asrama, lokasi tempat pendidikan).
Implikasinya
hendaklah pengajar dan pelajar dapat menimbulkan lingkungan tempat belajar yang
memungkinkan aktivitas belajar secara maksimal. Semua ciri-ciri belajar itu
dapat dijadikan sebagai faktor-faktor pembantu dan penentu peramalan
keberhasilan seseorang yang sedang dan akan belajar.
PERUBAHAN
Menurut pendapat Roojakkers yang diterjemahkan oleh Soenoro,
mengatakan bahwa “faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor yang
berasal dari si pelajar, faktor yang berasal dari si pengajar”. Kedua
faktor tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
A.
Faktor
yang berasal dari si pelajar (siswa)
Faktor ini meliputi motivasi, perhatian pada mata pelajaran yang
berlangsung, tingkat penerimaan dan pengingatan bahan, kemampuan menerapkan apa
yang dipelajari, kemampuan mereproduksi dan kemampuan menggeneralisasi.
B.
Faktor
yang berasal dari si pengajar (Guru)
Faktor
ini meliputi kemampuan membangun hubungan dengan si pelajar, kemampuan
menggerakkan minat pelajaran, kemampuan memberikan penjelasan, kemampuan
menyebutkan popok-pokok masalah yang diajarkan, kemampuan mengarahkan perhatian
pada pelajaran yang sedang berlangsung, kemampuan memberikan tanggapan terhadap
reaksi.
Menurut Slameto,
faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya, tetapi dapat
digolongkan menjadi dua,
yaitu:
A.
Faktor
internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar,
faktor intern terdiri dari:
1.
Faktor
jasmaniah (kesehatan dan cacat tubuh)
2.
Faktor
psikologis (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan dan
kesiapan)
Menurut Hamalik, siswa yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi
umumnya memiliki perhatian yang lebih baik, belajar lebih cepat, kurang
memerlukan latihan, mampu menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu yang singkat,
mampu menarik kesimpulan dan melakukan abstraksi.
Faktor pehatian adalah pemusatan energi psikis yang tertuju kepada
suatu obyek pelajaran atau dapat dikatakan sebagai banyak sedikitnya kesadaran
yang menyertai aktivitas belajar
Motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk
melakukan sesuatu. Jadi, motivasi belajar adalah kondisi psikologis yang
mendorong seseorang untuk belajar.
3.
Faktor
kelelahan
Menurut Cross dalam bukunya The Psychology of Learning, keletihan
siswa dapat dikategorikan menjadi tiga macam faktor
yaitu:
a.
Keletihan
indra siswa
Keletihan indera dalam hal ini, lebih mudah dihilangkan dengan cara
istirahat yang cukup, tidur dengan nyenyak,dsb.
b.
Keletihan
fisik siswa
Keletihan fisik siswa berkesinambungan dengan keletihan indera
siswa, yakni cara menghilangkannya relative lebih mudah, salah satunya dengan
cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, menciptakan pola makan yang
teratur, merelaksasikan otot-otot yang tegang.
c.
Keletihan
mental siswa
Keletihan mental siswa ini dipandang sebagai faktor utama penyebab
adanya kejenuhan dalam belajar, sehingga cara mengatasi keletihannya pun cukup
sulit. Penyebab timbulnya keletihan mental ini diakibatkan karena kecemasan
siswa terhadap standar nilai pada pelajaran yang dianggap terlalu tingi,
kecemasan siswa ketika berada pada keadaan yang ketat dan menuntut kerja
intelek yang berat, kecemasan akan konsep akadenik yang optimum sedangkan siswa
menilai belajarnya sendiri hanya berdasarkan ketentuan yang ia bikin sendiri
(self-impossed).
B.
Faktor
eksternal
Pembelajaran setidaknya melibatkan 4 elemen yang menjadi syarat
terjadi pembelajaran Faktor-faktor yang berasal dari luar diri seseorang. Hal
ini dapat berupa sarana prasarana, situasi lingkungan baik itu lingkungan
keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut maka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah idealnya keempat elemen itulah yang seharusnya menjadi fokus perbaikan
dan pengembangan.
A.
Faktor
internal
Yaitu faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar,
faktor intern terdiri dari:
1.
Faktor
fisiologis (jasmaniah).
Kondisi umum jasmani
atau tonus (tegangan otot) yang menandai tingkat kebugaran organ-organ
tubuh dan sendi-sendinya, yang memperngaruhi semangat dan intensitas siswa
dalam mengikuti pelajaran. Jika seorang siswa kondisi fisiknya kurang sehat,
maka akan menurunkan kualitas ranah cipta (kognitif) sehingga menyebabkan
kesulitan menerima materi dengan baik. Kondisi organ-organ khusus siswa,
seperti tingkat kesehatan indera pendengar dan indera penglihatan sangat
memengaruhi siswa dalam menyerap materi
atau informasi yang baru, terutama ketika proses belajar mengajar berlangsung.
2.
Faktor
psikologis
Merupakan suatu aspek
yang dapat memengaruhi kuantitas dan kualitas perolehan belajar siswa.Adapun
faktor-faktor rohaniah siswa pada umumnya dipandang lebih esensial, yaitu
meliputi tingkat inteligensi/kecerdasan, minat, bakat, dan motivasi.
B.
Faktor
Eksternal
Faktor yang berasal dari luar individu, yang terdiri atas dua macam, yaitu:
1. Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial
sekolah seperti para guru, para tenaga kependidikan (kepala sekolah dan
wakil-wakilnya) dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi semangat belajar seorang
siswa. Selanjutnya, lingkungan sosial masyarakat dan tetangga juga teman-teman
sepermainan di sekitar tempat tinggal siswa tersebut. Dan lingkungan sosial
yang paling banyak memengaruhi kegiatan belajar adalah orang tua dan keluarga
itu sendiri. Seperti sifat-sifat orang tua, praktik pengelolaan keluarga,
dan ketegangan keluarga semuanya dapat
member dampak baik atau buruk terhadap kegiatan belajar dan hasil yang dicapai
oleh siswa.
2. Lingkungan Nonsosial
Faktor yang meliputi
lingkungan nonsosial adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah, seperti
gedenga sekolah dan letaknya, rumah tempat tinggal keluarga dan letaknya,
alat-alat belajar, keadaan cuaca dan keadaan waktu belajar yang digunakan
siswa. Faktor-faktor ini dianggap dapat memengaruhi keberhasilan belajar siswa.
C.
Faktor
Pendekatan Belajar (approach to learning)
yakni jenis upaya belajar siswa yang meliputi strategi dan metode yang
digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi-materi
pelajaran.
Menurut
Dimyati Mahmud,
mengatakan bahwa Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa
mencakup : “faktor internal dan faktor eksternal” sebagai berikut:
1.
Faktor Internal
Faktor
internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, yang
terdiri dari N. Ach (Need For Achievement) yaitu kebutuhan atau dorongan atau
motif untuk berprestasi.
2.
Faktor Eksternal
Faktor
eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar individu itu sendiri. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan
sekolah, faktor lingkungan masyarakat dan faktor waktu.
[i]Ad.
Rooijakkers, Mengajar dengan Sukses, (Jakarta: Gramedia, 1982).
[ii]Slameto, Belajar
dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta).
[iii]Oemar Hamalik, Proses
Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001), h. 59.
[iv]A.M.Sardiman, Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta:CV. Rajawali, 1992).
[v]Drs.Syaiful
Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta:Rineka Cipta, 2002).
[vi]Muhibbin Syah, Psikologi
Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013) Cet. Ke-18.
[vii]Ngalim Purwanto,
Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)|.
[viii]Valiant Lukad
Perdana dan Budi Tri Siswanto, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 6, No.1,
Februari 2016, h. 113, diakses pada 26April 2107 http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv.
[ix]Muhibbin Syah, Psikologi
Belajar, (Jakarta: RajaGrafindo), 2006.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete