Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli - Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli

Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli - Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli
Model perencanaan pembelajaran dalam penerapannya terutama untuk kepentingan penyusunan sistem pembelajaran individual. Namun deminkian, langkah yang ditempuh merupakan suatu pola tersendiri, dapat diterapkan untuk kepentingan yang lebih luas atau lebih umum.
Langkah-langkah dalam perencanaan pembelajaran merupakan panduan dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran itu, selanjutnya dituangkan dalam bentuk suatu model perencanaan pembelajaran.
1.      Perencanaan Pembelajaran menurut Robert M. Gagne dan Leslie J. Briggs
Pemahaman tentang system pembelajaran sangat besar manfaatnya dalam rangka mendesain dan mengembangkannya. Gagne dan Briggs ( 1977:4 ), memandang bahwa pengembangan dan desain sistem pembelajaran keduanya mempunyai hubungan arti yang erat. Gagne dan Briggs mengemukakan tentang desain system pembelajaran. Menurutnya desain system pembelajaran mempunyai empat belas jenjang. Keempat belas jenjang itu dapat diterapkan dalam penyusunan desain ruang lingkup luas ( level kurikulum), ruang lingkup sempit ( level mata pelajaran ) dan ruang lingkup terbatas ( level pembelajaran )[1]. Keempat belas jenjang itu adalah :
Level kurikulum :
a.       Analisis kebutuhan, tujuan, dan prioritas
b.      Analisis sumber, hambatan dan system penyampaian
c.       Penentuan ruang lingkup ( scope ) dan urutan ( sequence ) kurikulum dan pelajaran-untuk mendesain system penyampaian.
Level Mata-Pelajaran
d.      Menentukan struktur dan urutan pembelajaran
e.       Analisis tujuan kurikuler ( tujuan pembelajaran )
Level Pembelajaran
f.       Perumusan tujuan khusus.
g.      Penyusunan silabus dan rencana pelaksana pembelajaran atau modul.
h.      Penentuan materi dan media pembelajaran
i.        Penentuan langkah dan tekhnik penilaian
Level Kurikulum
j.        Persiapan guru
k.      Evaluasi formatif
l.        Uji coba dan revisi
m.    Evaluasi sumatif
n.      Pelaksanaan

2.      Perencanaan pembelajaran menurut Walter Dick dan Lou Carey
Desain lain yang dapat digunakan, terutama dalam merencanakan, mengembangkan, melaksanakan atau mengevaluasi system pembelajaran adalah yang dikemukakan oleh Dick dan Carey. Perencanaan pembelajaran menurut mereka adalah sebagai berikut :
Identifikasi tujuan pembelajaran.
Analisis Pembelajaran
Identiifikasi Entry behavior dan karakteristik Siswa.
Merumuskan tujuan pembelajaran
Mengembangkan Penilaian Acuan Patokan ( PAP )
Mengembangkan Strategi Pembelajaran
Mengembangkan dan memilih pembelajaran
Desain dan pelaksanaan tes formatif
Revisi Pembelajaran
Evaluasi Sumatif[2]


[1] Lukmanul hakim, Perencanaan Pembelajaran, ( CV. Wacana Prima : Bandung ), 2009, hal.78
[2]Ibid, hal. 80

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Komponen Sikap Terdiri Dari - Komponen Sikap Beserta Contoh

Kriteria Observasi Yang Baik - Kriteria Observasi Yang Baik