Bentuk Komunikasi Ada 3 Yaitu - Bentuk Komunikasi Ada 3 Yaitu
Bentuk Komunikasi Ada 3 Yaitu:
Berikut ini akan diuraikan empat bentuk komunikasi
berdasarakan tipe komunikasi yang dibagi[1] yakni:
1.
Komunikasi
dengan Diri Sendiri (Intrapersonal Communication)
Bentuk komunikasi dengan diri
sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu, atau dengan
kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri. Terjadinya proses disini
karena adanya seseorang yang memberi arti terhadap suatu objek yang diamatinya
atau terbesit dalam pikiranya. Objek dalam hal ini bisa saja dalam bentuk
benda, kejadian alam, peristiwa, pengalaman, fakta yang mengandung arti bagi
manusia, baik yang terjadi di luar maupun di dalam diri seseorang.[2] Melalui
komunikasi intrapribadi kita berbicara dengan diri sendiri, mengenal diri
sendiri, mengevaluasi diri sendiri tentang ini dan itu, mempertimbangkan keputusan-keputusan
yang akan diambil dan menyiapakan pesan-pesan yang akan kita sampaikan kepada
orang lain.
2.
Komunikasi antarpribadi (Inter
Personal)
Komunikasi Interpersonal, yang diartikan sebagai suatu proses pertukaran makna antara orang -
orang yang saling berkomunikasi secar
timbal balik agar terciptanya kesamaan pemahaman diantara orang-orang yang berkomunikasi terhadap
pesan-pesan yang digunakan dalam proses komunikasi.[3] Dibandingkan
bentuk-bentuk komunikasi lainnya, komunikasi antarpribadi dinilai paling
efektif dalam mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku komunikan karena
efek atau timbal balik yang ditimbulkan dari proses komunikasi tersebut dapatl angsung
dirasakan. Hal ini dikarenakan komunikasi antarpribadi umumnya berlangsung
tatap muka.
3.
Komunikasi
Massa
Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran media
massa baik cetak maupun elektronik yang dikelola oleh suatu lembaga dalam
menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak,
bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu.
Pesan-pesannya bersifat umum disampaikan secara cepat, serentak, dan selintas.[4] Wright
mendefinisikan komunikasi massa dengan membagi ciri komunikasi massa dalam tiga
ciri :
a. Komunikasi massa
diarahkan kepada audiens yang relative besar, heterogen dan anonym.
b. Pesan-pesan yang
disebarkan secara umum sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin
anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
c. Komunikator
cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang
mungkin membutuhkan biaya yang besar.[5]
Comments
Post a Comment