Bentuk Komunikasi Ada 3 Yaitu - Bentuk Komunikasi Ada 3 Yaitu



Bentuk Komunikasi Ada 3 Yaitu:
Berikut ini akan diuraikan empat bentuk komunikasi berdasarakan tipe komunikasi yang dibagi[1] yakni:
1.      Komunikasi dengan Diri Sendiri (Intrapersonal Communication) 
Bentuk komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi dalam diri individu, atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri. Terjadinya proses disini karena adanya seseorang yang memberi arti terhadap suatu objek yang diamatinya atau terbesit dalam pikiranya. Objek dalam hal ini bisa saja dalam bentuk benda, kejadian alam, peristiwa, pengalaman, fakta yang mengandung arti bagi manusia, baik yang terjadi di luar maupun di dalam diri seseorang.[2] Melalui komunikasi intrapribadi kita berbicara dengan diri sendiri, mengenal diri sendiri, mengevaluasi diri sendiri tentang ini dan itu, mempertimbangkan keputusan-keputusan yang akan diambil dan menyiapakan pesan-pesan yang akan kita sampaikan kepada orang lain.
2.      Komunikasi antarpribadi (Inter Personal)
Komunikasi Interpersonal, yang diartikan sebagai  suatu proses pertukaran makna antara orang - orang yang saling  berkomunikasi secar timbal balik agar terciptanya kesamaan pemahaman  diantara orang-orang yang berkomunikasi terhadap pesan-pesan yang digunakan dalam proses komunikasi.[3] Dibandingkan bentuk-bentuk  komunikasi lainnya, komunikasi antarpribadi dinilai paling efektif dalam mengubah sikap, kepercayaan, opini, dan perilaku komunikan karena efek atau timbal balik yang ditimbulkan dari proses komunikasi tersebut dapatl angsung dirasakan. Hal ini dikarenakan komunikasi antarpribadi umumnya berlangsung tatap muka.
3.      Komunikasi Massa
Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran media massa baik cetak maupun elektronik yang dikelola oleh suatu lembaga dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu. Pesan-pesannya bersifat umum disampaikan secara cepat, serentak, dan selintas.[4] Wright mendefinisikan komunikasi massa dengan membagi ciri komunikasi massa dalam tiga ciri :
a. Komunikasi massa diarahkan kepada audiens yang relative besar, heterogen dan anonym.
b. Pesan-pesan yang disebarkan secara umum sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
c. Komunikator cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang mungkin membutuhkan biaya yang besar.[5]


[1] Hafied, Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007).
[2] Ibid,.
[3] Djuarsa, S. Sendjaja, Teori Komunikasi. (Universitas Terbuka: Jakarta, 1994).
[4] Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005).
[5] Warner J severin, James W Tankard, Jr, Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan dalam Media Massa, Edisi Ke-5, Cet. IV, (Jakarta: Kencana, 2009).

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli