Penyuluhan Adalah - Penyuluhan Adalah


  Penyuluhan Adalah
 Secara harfiah, penyuluh bersumber dari kata suluh yang berarti “obor” ataupun alat untuk menerangi keadaan yang gelap. Samsudin menyebutkan bahwa penyuluhan sebagai suatu usaha pendidikan non-formal yang dimaksudkan untuk mengajak orang sadar dan mau melaksanakan ide-ide baru. Secara umum istilah penyuluhan dalam bahasa sehari-hari sering digunakan untuk menyebut pada kkegiatan pemberian penerangan pada masyarakat. Baik oleh lembaga pemerintah maupun oleh lembaga non pemerintah. Istilah ini diambil dari kata suluh yang berarti dengan obor dan berfungsi sebagai penerangan. Namun secara khusus, istilah penyuluhan sebenarnya terkait dengan istilah bimbingan, yaitu bimbingan penyuluhuan di singkat BP, terjemah dari istilah bahasa inggris Guidance and Counseling suatu istilah dari cabang disiplin ilmu psikologi. Arti istilah “Penyuluhan” telah dikembangkan selama ini dan memiliki konotasi berbeda di Negara-negara yang berbeda misalnya Amerika dan Jerman serta Malaysia mengartikan penyuluhan sebagia perkembangan, sedangkan Indonesia mengikuti contoh Belanda mengartikan penyuluhan sebagai penerangan layaknya “obor”. Penyuluh merupakan suatu proses yang berlanjut untuk mendapatkan informasi yang berguna kepada rakyat (dimensi komunikasi) dan kemudian membantu orang-orang tersebut mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk menggunakan informasi dan teknologi ini secara efektif (dimensi bersifat pendidikan).
Menurut vent Gant, menjadi seorang penyuluh harus memiliki asas membantu orang agar keluar dari masalahnya, hingga akhirnya seorang ini bisa dikatakan mandiri, dan sadar dan menurut Van Gant penyuluhan merupakan usaha yang disengaja dan sistemati, dengan cara alihpengetahuan dan pandangan, untuk membantu dan/atau membangun seseorang dengan suatu cara damana orang tersebut mampu mengambil keputusan dalam situasi khusus dengan tingkat maksimum dalam hal kemandirian, kesadaran dan kecocokan dengan kepentingan dan kesejahteraannya sendiri.
M. Arifin memaparkan bahwa istilah “penyuluhan” mengandung arti “menerangi”, menasehati, atau memberi kejelasan kepada orang lain agar memahami atau mengerti tentang hal yang sedang di alaminya. Arti penyuluhan berasal dari kata Counselingyang kemudian dipadukan dengan “bimbingan” menjadi bimbingan dan penyuluhan. Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar,teknologi pemodalan, dan sumber daya lainnya, sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efesiensi usaha, dan pendapatan, dan kesejahteraan, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.


[1]zulkarnain Nasution, Prinsip-Prinsip Komunikasi untuk Penyuluhan (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1990)
[2]Isep Zainal Arifin, Bimbingan Penyuluhan Islam Dakwah Bimbingan Psikoterapi Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009).
[3]Cees Leeuwis, Komunikasi Untuk Inovasi Pedesaan Berfikir Kembali Tentang Penyuluhan Pertanian (Yogyakarta: Kanisius, 2009).
[4]Cees Leeuwis, Komunikasi Untuk Inovasi Pedesaa Berfikir Kembali Tentang Penyuluhan Pertanian (Yogyakarta: Kanisius, 2009).

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli