Bentuk Komunikasi Massa - Bentuk Komunikasi Massa


  Bentuk Komunikasi Massa
Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran media massa baik cetak maupun elektronik yang dikelola oleh suatu lembaga dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu. Pesan-pesannya bersifat umum disampaikan secara cepat, serentak, dan selintas.[1] Wright mendefinisikan komunikasi massa dengan membagi ciri komunikasi massa dalam tiga ciri :
a. Komunikasi massa diarahkan kepada audiens yang relative besar, heterogen dan anonym.
b. Pesan-pesan yang disebarkan secara umum sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
c. Komunikator cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang mungkin membutuhkan biaya yang besar.[2]


[1] Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005).
[2] Warner J severin, James W Tankard, Jr, Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan dalam Media Massa, Edisi Ke-5, Cet. IV, (Jakarta: Kencana, 2009).


Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli

Kriteria Observasi Yang Baik - Kriteria Observasi Yang Baik