Bentuk Komunikasi Massa - Bentuk Komunikasi Massa
Bentuk Komunikasi Massa
Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran media
massa baik cetak maupun elektronik yang dikelola oleh suatu lembaga dalam
menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak,
bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu.
Pesan-pesannya bersifat umum disampaikan secara cepat, serentak, dan selintas.[1] Wright
mendefinisikan komunikasi massa dengan membagi ciri komunikasi massa dalam tiga
ciri :
a. Komunikasi massa
diarahkan kepada audiens yang relative besar, heterogen dan anonym.
b. Pesan-pesan yang
disebarkan secara umum sering dijadwalkan untuk bisa mencapai sebanyak mungkin
anggota audiens secara serempak dan sifatnya sementara.
c. Komunikator
cenderung berada atau beroperasi dalam sebuah organisasi yang kompleks yang
mungkin membutuhkan biaya yang besar.[2]
Comments
Post a Comment