Interaksi Sosial Adalah - Interaksi Sosial Menurut Para Ahli



2.2 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Beberapa Pakar
Interaksi sosial ialah hubungan antara individu satu dengan individu yang lain, individu satu dapat mempengaruhi individu yang lain atau sebaliknya, jadi terdapat adanya hubungan yang saling timbal balik. Hubungan tersebut dapat antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Interaksi social dapatjuga diartikan sebagai  suatu bentuk hubungan antara dua orang atau lebih, dimana tingkah laku seseorang diubah oleh tingkah laku yang lain. Berikut ini pengertian Interaksi sosial menurut para ahli ;
1.      Menurut Shaw :
Interaksi sosial adalah suatu pertukaran antarpribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka, dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain. Hal senada juga dikemukan oleh Thibaut dan Kelley bahwa interaksi sosial sebagai peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sam lain atau berkomunikasi satu sama lain. Jadi dalam kasus interaksi, tindakan setiap orang bertujuan untuk mempengaruhi individu lain.
1.      Menurut Bonner ( dalam Ali, 2004) :
Interaksi social merupakan suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu, dimana kelakuan individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.
Interaksi sosial merupakan dasar proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis mencakup hubungan antarindividu, antarkelompok, atau antara individu dan kelompok
3.      Kimball Young & Raymond W. Mack :
Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu, antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya.
Dari pengertian interaksi sosial menurut beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa, interaksisosial  adalah hubungan timbal balik anatara dua orang atau lebih, dan masing-masing orang yang terlibat di dalamnya memainkan peran secara aktif. Jadi jelas lah bahwa di dalam prosesinteraksi itu terdapat tindakan saling pengaruh mempengaruhi antara satu individu dengan individu lainnya, sehingga timbullah kemungkinan kemungkinan untuk saling mengubah atau memperbaiki perilaku masing masing secara timbal balik. Menurut Talcott parsons, tindakan dan interaksi sosial dipengaruhi oleh dua macam orientasi sebagai berikut.
1.      Orientasi motivasional, yaitu orientasi bersifat pribadi yang menunjuk pada keinginan individu yang bertindak untuk memenuhi kebutuhanhidupnya.
2.      Orientasi nilai-nilai yang bersifat sosial, yakni orientasi yang menunjuk pada standar-standar normative, seperti wujud agama dan tradisi setempat.
Dari interaksi sosial dapat terjadi interaksi personal sosial.Yaitu interaksi dengan orang dalam situasi sosial, misalnya hubungan bayi dengan ibunya ketika menyusui, dibuai dan seterusnya. Interaksi kultural adalah hubungan seseorang dengan kebudayaan kelompoknya, artinya berhubungan dengan orang lain sambil mempelajari kebudayaan kelompok orang itu.
DAFTAR PUSTAKA

M. Bambang Pranowo. Sosiologi sebuah pengantar “Tinjauan Pemikiran Sosiologi Perspektif Islam”. (Jakarta: laboratorium sosiologi agama, 2008).

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli