Contoh Pidato Singkat - Contoh Pidato Singkat



 “IMAN DAN PEMBINAAN GENERASI MUDA”
Kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada generasi penerus bangsa yang tidak lain adalah para pemuda. Suatu bangsa yang besar harus mampu bersaing dengan bangsa lain dalam hal apa pun. Menjadi generasi unggul yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia yang memiliki kepekaan pikiran, daya imajinasi yang tinggi, rasa keingintahuan, serta kemampuan untuk menemukan atau menciptakan hal-hal baru melalui pendidikan adalah salah satunya. Kejayaan bangsa secara otomatis akan terwujud dengan adanya dukungan dari para pemuda yang unggul. Begitu pula sebaliknya, bangsa ini akan hancur apabila generasi mudanya rusak dan tidak pernah memedulikan masa depan mereka.
Di samping pendidikan, faktor lain yang juga berperan dalam membentuk generasi bangsa yang berkualitas adalah rasa iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Iman adalah kondisi hati yang yakin dengan sesungguhnya terhadap keberadaan dan kekuasaan Allah SWT.  Langkah untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah. Langkah pertama yang dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah bertaubat (istigfar). Firman Allah: Surah Al-Hujurat: Ayat 12
“Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat, lagi Maha Penyayang”.
Langkah berikutnya mendirikan shalat dan berdzikir sesudahnya. Allah mencintai sholat yang tepat pada waktunya dan membenci bagi yang melalaikannya. Hadits: Dari Ibnu Mas’ud Ra, ia berkata:
“Aku bertanya kepada Nabi SAW: Amal apakah yang paling disukai Allah? Beliau menjawab: Shalat tepat pada waktunya. Kemudian apa lagi? Beliau bersabda: Berbuat baik kepada orangtua. Kemudian apa lagi? Beliau bersabda: Berjihad di jalan Allah”. (HR. Bukhori-Muslim)
Langkah ketiga, senantiasa memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan yang menjatuhkan iman kita. Langkah ke-empat, mendirikan shalat-shalat sunnah.
            Rasa keimanan dan ketaqwaan akan membentengi seseorang dari perbuatan-perbuatan tercela. Sebagai contohnya adalah para pejabat yang terjerat kasus korupsi. Dilihat dari tingkat pendidikannya, seorang pejabat jelas merupakan orang yang berpendidikan tinggi. Hal ini membuktikan bahwa factor iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa belum tertanam dalam diri mereka. Oleh karena itu, generasai muda hendaknya mempunyai rasa iman dan taqwa, disamping juga cerdas dan kreatif.
http://pidato.net/5675_generasi-muda-kreatif

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Mad'u Artinya - Mad'u Artinya

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli