Pengertian Radio Menurut Para Ahli - Pengertian Radio Menurut Para Ahli



Pengertian Radio Menurut Para Ahli
Radio adalah transmisi sinyal melalui ruang bebas oleh modulasi gelombang elektromagnetik dengan frekuensi dibawah cahaya tampak orang-orang dari radiasi ekektromagnetik perjalanan dengan cara osilasi medan elektronagnetik yang melewati udara dan ruang vakum. Informasi dibawa oleh perubahan sistematis (modulasi) beberapa properti dari gelombang radiasi, seperti amplitudo, frekuensi, fase, atau lebar pulsa. Ketika gelombang radio melewati sebuah konduktor listrik, medan osilasi menginduksi arus bolak balik dalam konduktor. Hal ini dapat dideteksi dan diubah menjadi sinyal suara atau lainnya yang membawa informasi.
Sekitar 13.000 stasiun pemancar radio di Amerika Serikat terbagi merata antara stasiun AM dan FM. Sekitar 2.100 stasiun merupakan stasiun swasta, kebanyakan adalah FM. Radio satelit, seperti sirius dan XM menghasilkan pendapatan melalui berlangganan, menawarkan hampir tak terbatas pada jenis musik, dan pilihan siaran dan program tanpa iklan. Hasilnya, pendapatan dari iklan penyiaran radio melalui gelombang radio menurun, karena harga iklan ditentukan oleh ukuran pendengar pendengar yang semakin kecil. Pada tahun 2008, sirius dan XM mengajukan permohonan untuk menggabungkan kedua perusahaan karena tidak ada satu pun yang menghasilkan laba. FCC menyetujui penggabungan tersebut, dan gabungan perusahaan tersebut kini dikenal sebagai sirius XM Radio.[1]
Radio merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel sebagai media perantara, tetapi menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan suara. Radio dapat diaplikasikan dalam bentuk komunikasi satu arah, komunikasi pergantian, maupun dua arah. Contoh komunikasi satu arah adalah komunikasi pada pemancar radio. Radio penerima hanya bisa memilih siaran radio dari pemancar radio. Contoh komunikasi bergantian terjadi pada komunikasi sistem HT (handy talk) atau walkie talk. Pengiriman isyarat antara pengirim dan penerima harus dilakukan secara bergantian. Sementara itu, komunikasi dua arah terdapat pada radio netizen band atau dikenal dengan nama radio CB. Saat ini gelombang radio tidak banyak digunakan untuk komunikasi dalam bentuk suara, tetapi juga digunakan untuk mengirim data.


[1] Shirly, Media/Impact  Pengajaran Media Massa (Jakarta: Salemba Humanika, 2010).

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Komponen Sikap Terdiri Dari - Komponen Sikap Beserta Contoh

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli