Macam-Macam Radio Komunikasi | Macam-Macam Radio Komunikasi


Macam-Macam Radio Komunikasi| Macam-Macam Radio Komunikasi   
Radio komunikasi adalah radio yang digunakan untuk saling bertukar informasi antara seseorang dengan orang lain atau antara beberapa orang dalam suatu komunitas tertentu. Pada radio komunikasi, aliran informasinya lebih terbatas dan mau informasi yang disampaikan ditujukan hanya untuk penerima tertentu. Sementara itu, pada radio siaran, aliran informasinya sangat luas, tidak terbatas, dan bisa diterima oleh siapa pun yang memiliki radio portabel. Beberapa contoh dari radio komunikasi antara lain radio panggil, radio antar penduduk, dan radio dua arah.
Radio panggil adalah perangkat elektronik yang berukuran suku yang berfungsi sebagai penerima isyarat panggilan atau pemberitahuan dari seseorang yang disampaikan lewat frekuensi gelombang radio. Radio antar penduduk adalah perangkat radio yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat disuatu daerah tertentu. Radio dua arah adalah perangkat radio yang frekuensi gelombangnya telah diatur agar bisa digunakan oleh orang-orang tertentu yang memiliki perangkat radio dengan frekuensi yang sama. Contoh radio dua arah radio yang digunakan polisi, yaitu untuk berkomunikasi dengan markas pusat atau radio.[1]
Radi siaran adalah siaran radio yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada orang banyak. Contoh dari radio siaran adalah radio komunitas dan radio komersial. Radio komunitas adalah siaran radio yang didirikan, diperuntukkan, dimiliki, dan dikelola oleh sebuah komunitas, radio komunitas memiliki tujuan untuk melayani kebutuhan informasi warga komunitasnya. Beberapa contoh radio komunitas yang ada di Indonesia adalah jaringan radio Banten, jaringan radio komunitas Jawa Tengah, dan jaringan radio komunitas Sulawesi Utara.
Disamping itu, radio komersial memiliki tujuan meraih pendengar sebanyak-banyaknya. Pendengar yang banyak membuat pemasukan dari iklan yang disiarkan radio tersebut. Siaran radio komersial ini sangat tergantung dari segmen pendengar yang dijadikan sasaran. Beberapa contoh radio komersial, antara lain Prambors radio, Cosmopolitan radio, I Radio, dan Geronimo FM.


[1] Briggs & Peter, Sejarah Sosial Media (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006).

Comments

Popular posts from this blog

Rekayasa Sosial Adalah - Rekayasa Sosial Contohnya Di Indonesia - Rekayasa Sosial Dalam Perspektif Dakwah

Komponen Sikap Terdiri Dari - Komponen Sikap Beserta Contoh

Karya Wisata Adalah - Karya Wisata Menurut Para Ahli