Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli - Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli
Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli - Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli
Model perencanaan pembelajaran dalam penerapannya
terutama untuk kepentingan penyusunan sistem pembelajaran individual. Namun
deminkian, langkah yang ditempuh merupakan suatu pola tersendiri, dapat
diterapkan untuk kepentingan yang lebih luas atau lebih umum.
Langkah-langkah
dalam perencanaan pembelajaran merupakan panduan dalam mengembangkan
perencanaan pembelajaran itu, selanjutnya dituangkan dalam bentuk suatu model
perencanaan pembelajaran.
1. Perencanaan Pembelajaran menurut Robert
M. Gagne dan Leslie J. Briggs
Pemahaman tentang system pembelajaran sangat besar
manfaatnya dalam rangka mendesain dan mengembangkannya. Gagne dan Briggs (
1977:4 ), memandang bahwa pengembangan dan desain sistem pembelajaran keduanya
mempunyai hubungan arti yang erat. Gagne dan Briggs mengemukakan tentang desain
system pembelajaran. Menurutnya desain system pembelajaran mempunyai empat
belas jenjang. Keempat belas jenjang itu dapat diterapkan dalam penyusunan
desain ruang lingkup luas ( level kurikulum), ruang lingkup sempit ( level mata
pelajaran ) dan ruang lingkup terbatas ( level pembelajaran )[1]. Keempat
belas jenjang itu adalah :
Level
kurikulum :
a. Analisis kebutuhan, tujuan, dan
prioritas
b. Analisis sumber, hambatan dan system
penyampaian
c. Penentuan ruang lingkup ( scope ) dan urutan ( sequence ) kurikulum dan pelajaran-untuk
mendesain system penyampaian.
Level Mata-Pelajaran
d. Menentukan struktur dan urutan
pembelajaran
e. Analisis tujuan kurikuler ( tujuan
pembelajaran )
Level Pembelajaran
f. Perumusan tujuan khusus.
g. Penyusunan silabus dan rencana pelaksana
pembelajaran atau modul.
h. Penentuan materi dan media pembelajaran
i.
Penentuan
langkah dan tekhnik penilaian
Level Kurikulum
j.
Persiapan
guru
k. Evaluasi formatif
l.
Uji
coba dan revisi
m. Evaluasi sumatif
n. Pelaksanaan
2. Perencanaan pembelajaran menurut Walter
Dick dan Lou Carey
Desain lain yang dapat digunakan,
terutama dalam merencanakan, mengembangkan, melaksanakan atau mengevaluasi
system pembelajaran adalah yang dikemukakan oleh Dick dan Carey. Perencanaan
pembelajaran menurut mereka adalah sebagai berikut :
Identifikasi
tujuan pembelajaran.
Analisis
Pembelajaran
Identiifikasi
Entry behavior dan karakteristik Siswa.
Merumuskan
tujuan pembelajaran
Mengembangkan
Penilaian Acuan Patokan ( PAP )
Mengembangkan
Strategi Pembelajaran
Mengembangkan
dan memilih pembelajaran
Desain
dan pelaksanaan tes formatif
Revisi
Pembelajaran
Evaluasi
Sumatif[2]
Comments
Post a Comment